Arti Sebuah Nama

Arti Sebuah Nama

Hi, kenalin nama gue Maharani Ayu Sandra. Dari ketiga suku kata itu, semua bisa kalian pake buat manggil gue, bahkan ada yang menggal suku katanya misal Mahar atau Rani. Tapi, buat orang-orang yang udah lama banget kenal gue biasanya manggil dengan sebutan Dada. Gak tau kenapa ya, gue ngerasa hangat aja dipanggil Dada, mungkin karena semua keluarga manggil gue dengan panggilan itu jadi ya saat ada yang manggil dengan sebutan Dada gue ngerasa udah deket aja gitu kaya keluarga sendiri.

Ok lanjut gue mau ceritain gimana kronologinya nama gue bisa Maharani Ayu Sandra. Jadi, dulu pas gue lahir ada empat nama yang mau dikasih ke gue. Dari mulai ayah sampe abah (kakek) berebut ngasih gue nama (gue masih kecil aja direbutin haha). Akhirnya biar adil semua nama itu dikocok : 
Maharani Ayu Sandra, Nadia Alisyah Fathan dan Sekar Taji itu nama yang ayah kasih. sedangkan Abah ngasih nama gue Uum Umariyah. Ehe nama dari abah islami banget kan ya? Iya gue kira itu diambil dari bahasa Arab eh gak taunya itu nama gabungan dari ayah dan ibu ( Nama ayah itu Ukar Suhenda dan ibu itu Mardiyah) jadi kalo nama gue Uum Umariyah itu arti nama gue ya Ukar Mardiyah-Ukar Mardiyah wkwk duh Abah lucu banget ih makin sayaaaaang wkwk. Dan pengocokan pun dimulai sampe tiga kali, dan ketiganya yang keluar adalah Maharani Ayu Sandra. Akhirnya  abah harus legowo kalo cucunya jodoh dengan nama dari anaknya. Dan sejak saat itu, anak pertama dari pasangan yang berbahagia resmi bernama Maharani Ayu Sandra.

Seiring berjalannya waktu, usia gue makin nambah walaupun tinggi dan berat badan stuck saat gue SMP haha. Makin dewasa gue makin sibuk cari arti nama gue. Gue gak mau nanya karna gue mau kenal sama diri gue sendiri melebihi orang lain kenal gue, pun termasuk ayah yang udah ngasih nama ini.

Maharani, artinya perempuan yang besar. Tapi kayaknya ayah harus kecewa sama yang ini, karna ternyata badan anaknya malah minimalis dan gak besar wkwk. Maharani diambil dari kata Sansekerta, biasa digunakan untuk panggilan putri keratin waktu jaman kerajaan Jawa dulu atau kalau di luar namanya princess. Ayah dan Ibu, waktu ubun-ubun gue masih lembek aja udah punya harapan supaya nanti gue bisa jadi perempuan yang besar. Perempuan yang bisa merdeka atas pemikirannya sendiri, yang berani lawan rasa takutnya. Dan ayah, ngedidik gue biar bisa kaya Maharani sesungguhnya dari kecil. Makanya hasilnya kaya gini, komponen laki-lakinya lebih ketara haha.

Dan Ayu, masih berasal dari bahasa Jawa yang berarti anggun, cantik , kalem dan yang serumpunlah sama sikap itu. Lagi-lagi ayah dan ibu mungkin harus kecewa karna gue nyerempet aja enggak sama arti Ayu wkwk. Tapi gue tau tujuan mereka ngasih Ayu setelah Maharani bukan itu. Cantik dan anggun yang mereka maksud adalah hati. Ya, hati adalah organ manusia yang semakin lama semakin memikat, lain dengan kulit yang makin lama makin keriput dan menua. Mereka, saat kulit gue masih merah, rambut gue masih jarang udah bisa nganggep gue cantik luar dalam. Nama Ayu yang dikasih mereka seakan pesan buat gue “ Nak, tak apa wajahmu tak rupawan, asal hatimu menawan.”

Terakhir Sandra, suku kata yang paling familiar diantara yang lain. Yup jadi buat yang baru kenal biasanya langsung manggil Sandra. Sandra sebenernya diambil dari kata Chandra yang berarti bulan. Tapi, gue lebih suka Sandra arti yang dari negara di eropa yang berarti pelayan. Ya entah jadi apa gue nanti, gue mau jadi pelayan buat sodara gue sesama manusia. Ngelayanin mereka saat butuh bantuan, ngelayanin mereka saat kesusahan dan ngelayanin mereka saat seneng ya karna kan hidup gak melulu perih. Kaya yang ayah bilang saat ayah transfer uang gue sok-sokan bilang “Ayah nanti gentian ya kalo udah kerja teteh transfer ayah”. Ayah langsung bales “ Yang penting teteh bermanfaat buat orang banyak.” Dari pesan ayah, gue mulai sadar. Kuliah bukan sama dengan rupiah, tapi tentang kebermanfaatan kita buat orang lain. Bukan berarti kuliah gak ngejar duniawi, itu naif. Tapi lebih gimana saat kita berlari ngejar duniawi tanpa melupakan keberadaan manusia lain yang membutuhkan.

Ayah, Ibu alasan kenapa teteh ada di muka bumi memang masih dicari. Tapi sebagian udah teteh temuin: wujudin semua amanah yang kalian kasih ke teteh lewat nama. Oleh karena itu, sehat, bahagia dan panjang umurlah.


Kasur,
12 Agustus 18



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Mahar untuk Maharani